Sabtu, 13 Desember 2014

Hukum Ruqyah Melalui Kaset (Jawaban Syaikh Shalih al Fauzan)

وهذه فتوى للعلامة صالح الفوزان -حفظه الله-
رقم الفتوى 934
عنوان الفتوى الرقية بطريق غير مباشر
نص السؤال ننتقل إلى رسالة الأخت مها من الرياض لها رسالة طويلة ملخصها : فضيلة الشيخ سَلَّمَكُم الله تقول : هناك بعض الناس ممن يقرءون على الناس بالرقية لا تكون مباشَرة إنما تكون عن طريق أشرطة يعطونها للمريض أو المصاب بالعين ليستمع إليها لكي يُعالَج بها فيذهب بها إلى غرفته ويستمع إلى هذه الآيات التي تقرأ ، هل يجوز ذلك وهل تنفع هذه الطريقة للعلاج أرجو توضيح ذلك مع العلم بأن أحد الإخوة يقرأ آيات قرآنية خاصة بِالْعَيْن أو بما يشتكي منه المريض .

Syaikh Shalih al Fauzan mendapat pertanyaan yang intinya sebagai berikut, “Ada tukang ruqyah yang menggunakan metode tidak langsung dalam meruqyah namun dengan menggunakan kaset ruqyah yang diberikan kepada si sakit atau orang yang terkena ain untuk didengarkan sendiri. Jadi pasien diterapi hanya dengan kaset. Pasien cukup mendengarkan ayat-ayat ruqyah yang sudah direkam dalam kaset tersebut dengan cara memutarnya menggunakan tape di kamarnya. Apakah hal semacam ini dibolehkan? Apakah cara semacam ini bermanfaat untuk menterapi si sakit. Saya mengharap mendapatkan penjelasan yang gamlang dalam masalah ini mengingat ada sebagian tukang ruqyah yang hanya merekam ayat-ayat al Qur’an untuk mengobati ain atau penyakit yang diderita si sakit dalam kaset ruqyahnya”.

الجواب:
هذا شيء محدث يُبتلى بالرقية , الرقية كما وردت أن يقراء على المريض مباشرة يقراء وينفث عليه مباشرة أو على موضع الألم هذه هى الرقية الشرعية,

Jawaban Syaikh Shalih al Fauzan, “Ini adalah cara yang mengada-ada dalam ruqyah. Cara meruqyah sebagaimana yang terdapat dalam dalil adalah membacakan ayat-ayat al Qur’an di dekat si sakit secara langsung lalu ditiupkan ke arah si sakit secara langsung atau pada bagian badan yang sakit. Demikian itulah yang disebut dengan ruqyah syar’iyyah.

أما أن يقراء فى شريط أو بواسطة الهاتف كما يفعله بعض المرتزقة الآن فهذا أمر محدث ليس هو الرقية الشرعية وإنما هو لأجل كسب المال لأجل أن يبيعوا هذه الأشرطة أو لأجل أن يأخذوا الأجرة على المكالمة أو ما أشبه ذلك من المقاصد , نعم .

Sedangkan jika bacaan ruqyah itu direkamkan ke dalam kaset atau ruqyah tersebut via telepon sebagaimana yang dilakukan saat ini oleh sebagian orang yang maksud pokoknya dari meruqyah adalah cari uang maka ini adalah perkara yang mengada-ada dan sama sekali bukanlah termasuk ruqyah syar’iyyah. Namun itu hanyalah trik untuk mencari uang dengan bentuk jualan kaset ruqyah, mendapatkan fee dari hasil pemakaian telepon yang dilakukan oleh pasien atau tujuan-tujuan lain yang semisal”.

Sumber:
http://www.kulalsalafiyeen.com/vb/showthread.php?t=15995

Sumber :

http://ustadzaris.com/hukum-ruqyah-melalui-kaset

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.